Sunday, January 16, 2011

Tugas Binusmaya pertemuan 2 - A

1. Mengapa level pengambil keputusan membutuhkan knowledge?
2. Pelajari mini case 1, mini case 2 dan mini case 3
3. Buat Summary dari setiap mini case (buat dalam point-point)

JAWABAN :
1. Knowledge itu merupakan asset non-material penting dalam perusahaan.Jika knowledge dikembangkan secara dinamis dan diterapkan oleh para manajer level pengambil keputusan maka setiap keputusan yang diambil akan selalu sesuai dengan yang diharapkan dan informasi yang disajikan pun akan lebih relevan.
2. Sudah
3. Mini case 1 :
The limitations of 100 case histories of industrial mergers (DaimlerChrysler)
Yang menjadi permasalahan dalam kasus ini adalah :
- Terdapat ketidakcocokan dalam sistem 2 manajemen ini,dimana manajer Jerman lebih menyukai membaca 50 halaman dokumen sebelum meeting sedangkan manajer amerika lebih memilih membaca sedikit dokumen dan melakukan lebih banyak bicara.
- Terdapat perbedaan penyajian laporan dari masing masing manajer ini.
Strategi untuk penyelesaian masalah ini adalah :
- Menggabungkan sistem manajer Jerman dan manajer Amerika tapi tidak dengan menggunakan sistem kedua belah pihak,melainkan menggunakan sistem yang sudah terstandarisasi oleh Internasional sehingga tidak ada lagi pertentangan diantara kedua sistem tersebut.

Mini Case 2 :
Kasus Beer game Mengamuk :
Yang menjadi permasalahan dalam kasus ini adalah :
- Tentang pelanggan Hotel yang mengeluh tentang banyaknya sabun yang tersedia di kamar hotel sedangkan dia tidak menginginkannya.Dia mengeluh pada pelayan hotel kamarnya,melalui e-mail.
- Pelayan hotel yang berganti-ganti sehingga terjadi kesalah-pahaman antara si pelanggan dan pelayan.
Strategi untuk penyelesaian masalah ini adalah :
- Hotel seharusnya menyiapkan para staf-staff yang berkompeten dan memahami para pelanggan.Misalnya bagi para staff pengganti dan staff tetapnya,seharusnya staff pengganti bisa melakukan tugasnya sama seperti staff tetap apalagi disaat staff tetap mengalami halangan.

Mini Case 3 :
Kasus Taco :
Pandangan Taco dengan knowledge management :
- Knowledge management merupakan asset terpenting bagi suatu perusahaan.Contoh nyata bagi perusahaan Taco adalah dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti memberi pelatihan bagi para karyawan sehingga para karyawan semakin berkompeten dalam pekerjaannya.
- Keberhasilan tergantung pada kemauan para pekerja untuk menuangkan ide,mempelajari tugas-tugas baru karena dengan begitu dapat diperoleh keuntungan dari modal manusia terlepas dari modal fisik.

Jadi dengan adanya Knowledge management dapat mempertahankan perusahaan seperti Taco yg memberi pelatihan bagi karyawannya.Itu yang membuat perusahaan Taco dapat bertahan dan tetap maju.

No comments:

Post a Comment